DPMPPT KAB. SLEMAN

PENYAMPAIAN LKPM TRIWULAN I TAHUN 2020

Maret 31, 2020

Penanaman modal mempunyai peranan sangat strategis bagi upaya peningkatan perekonomian daerah.  Melalui kegiatan penanaman modal akan dihasilkan produk barang dan jasa, tersedianya lapangan kerja, alih teknologi dan ketrampilan manajemen dan nilai tambah ekonomis bagi daerah sekaligus meningkatkan income percapita masyarakat.

Aktivitas penanaman modal di Kabupaten Sleman dalam kurun 5 (lima) tahun terakhir selalu mengalami peningkatan baik nilai investasi maupun penyerapan tenaga kerja. Realisasi investasi PMA/PMDN sampai dengan akhir Tahun 2019 mencapai lebih dari 8,5 trilyun dan menyerap tenaga kerja lebih dari 27 ribu tenaga kerja.

Guna memotret perkembangan penanaman modal, maka berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dalam Pasal 15 diatur bahwa setiap penanaman modal berkewajiban untuk membuat laporan tentang kegiatan penanaman modal dan menyampaikannya kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sebagaimana pada triwulan sebelumnya, bahwa setiap penanaman modal baik dalam negeri (PMDN) atau asing (PMA) agar memenuhi kewajiban penyampaian LKPM Triwulan I (Januari-Maret) Tahun 2020.  Adapun teknis penyampaian LKPM telah diatur dalam  Peraturan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal, sebagai berikut :

  1. Bagi penanam modal (pelaku usaha) yang telah memperoleh perizinan penanaman modal baik yang belum berproduksi komersial maupun sudah berproduksi komersial wajib menyampaikan LKPM Triwulan I (Januari-Maret) Tahun 2020 di bulan April selambat-lambatnya pada tanggal 10 April 2020.
  2. Bagi penanam modal (pelaku usaha) yang memiliki kegiatan usaha berlokasi di lebih dari 1 lokasi wajib menyampaikan LKPM setiap lokasi proyek.
  3. Bagi penanam modal (pelaku usaha) yang memiliki lebih dari satu bidang usaha, wajib menyampaikan LKPM untuk masing-masing bidang usaha.
  4. Penyampaikan LKPM dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan berkala melalui SPIPISE (https://lkpmonline.bkpm.go.id) atau melalui https://oss.go.id/portal/ untuk setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha dengan menggunakan hak akses yang telah diberikan oleh BKPM;
  5. Penyampaian LKPM mengacu pada data dan/atau perubahan data perizinan berusaha termasuk perubahan data yang tercantum dalam sistem OSS sesuai dengan periode berjalan;
  6. Kewajiban menyampaikan LKPM pertama kali atas pelaksanaan kegiatan penanaman modal pada periode yang sesuai, setelah tanggal diterbitkannya perizinan berusaha.

Tata cara penyampaian LKPM, dapat diunduh melalui menu https://lkpmonline.bkpm.go.id dalam menu Panduan Penggunaan Sistem LKPM Online. Penyampaian LKPM wajib diisi dengan mencantumkan penanggung jawab beserta nomor telepon kantor/handphone dan email yang dapat dihubungi.  Apabila diperlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman Beran Lor, Tridadi, Sleman, Sleman Telepon (0274) 868405 Pesawat. 7378, e-mail:dpmppt@slemankab.go.id

Last modified: Maret 31, 2020

Comments are closed.