DPMPPT KAB. SLEMAN

GALA DINNER INVESTOR, WAHANA PROMOSI INVESTASI

September 9, 2019

Sleman-Pemerintah Kabupaten Sleman yang dikoordinatori DPMPPT dalam rangka mengenalkan potensi dan peluang investasi di Kabupaten Sleman mengelar “Gala Dinner Investor” pada tanggal 6 September 2019 di Ruang Gadri Royal Ambarrukmo. Gala Dinner Investor ini merupakan rangkaian kegiatan Sleman Fair yang diselenggarakan tanggal 6-8 September 2019 dan dipusatkan di Ambarrukmo Plaza dan Royal Ambarrukmo, sedangkan Sleman Fair seniri merupakan bagian event dari Sleman Festival 2019 yang telah dimulai sejak Bulan Juli 2019 diawali dengan Pameran Potensi Daerah.

Gala Dinner Investor ini dimaksudkan untuk lebih mengenalkan bahwa Kabupaten Sleman merupakan daerah tujuan investasi utama di Yogyakarta, walaupun keterbatasan di sumber daya alam, namun Kabupaten Sleman untuk investasi bagaikan “Gadis Cantik” yang siap dipinang oleh investor/pelaku usaha.  Hal ini karena dukungan infrastruktur yang sudah menjangkau seluruh desa di wilayah Kabupaten Sleman, bandara, jarak tempuh ke pelabuhan yang tidak terlalu jauh, pusat perguruan tinggi, baik PTN maupun PTS terkenal di Yogyakarta, fasilitas akamodasi yang sangat memadahi, fasilitas kesehatan dari RSUP dan rumah sakit swasta ternama juga ada di Kabupaten Sleman dan masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki Kabupaten Sleman. Namun yang tak kalah menariknya adalah fasilitasi Pemerintah Kabupaten Sleman dalam pelayanan perizinan dengan dibentuknya “Mal Pelayanan Publik-MPP” sebagai sarana memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan serta meningkatkan daya saing global dalam memberikan kemudahan berusaha di Kabupaten Sleman.  MPP meliputi penyelenggaraan seluruh pelayanan publik berupa perizinan dan non perizinan yang menjadi kewenangan perangkat daerah dan instansi,, yaitu DPMMPT, BPD DIY, Poliso Resort Sleman, DLH, DPUPKP, Disdukcail, BPJS Kesehatan-Ketenagakerjaan, KPP Pratama, PDAM, Dinas Kesehatan, dan Gerai UMKM.

Narasumber yang dihadirkan dalam Gala Dinner Investor ini, Bupati Sleman, KADIN DIY, dan dari PT Saraswanti Indoland, yang dimoderatori oleh Dr. Ike Janeta dari USD Yogyakarta.  Adapun potensi dan peluang investasi yang ditawarkan antara lain, industri manufaktur di Berbah, sport center dan agrowisata di Caturharjo, wisata air di Wedomartani, One-Stop Shopping and Rest Area di Gamping, dan wisata kuliner-guest house di Ngaglik.

Seperti diketahui bahwa investasi mempunyai peranan sangat strategis bagi upaya peningkatan perekonomian Kabupaten Sleman, melalui kegiatan investasi akan dihasilkan produk barang dan jasa, tersedianya lapangan kerja, alih teknolosi dan ketrampilan manajemen dan nilai tambah ekonomis bagi daerah sekaligus meningkatkan income percapita masyarakat.

Sampai dengan akhir Tahun 2018 realisasi investasi di Kabupaten Sleman paling tinggi di DIY disusul Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. Aktivitas investasi di Kabupaten Sleman dalam kurun 5 (lima) tahun terakhir selalu mengalami peningkatan baik nilai investasi, jumlah proyek dan penyerapan tenaga kerja. Realisasi investasi PMA/PMDN sampai dengan Triwulan II Tahun 2019 mencapai lebih dari 8 trilyun dari 193 proyek investasi dan menyerap tenaga kerja lebih dari 26 ribu.

Last modified: September 9, 2019

Comments are closed.