DPMPPT KAB. SLEMAN

FORUM KOMUNIKASI INVESTASI PERUSAHAAN PMDN-PMA

April 9, 2019

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman,  9 April 2019 menyelenggarakan Forum Komunikasi Investasi bagi Perusahaan PMDN dan PMA di The Rich Jogja Hotel.  Forum komunikasi ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi bagi Perusahaan PMA/PMDN agar dapat menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online, selain hal tersebut dalam forum komunikasi ini pelaku usaha diharapkan mengetahui arah dan kebijakan penanaman modal Kabupaten Sleman, serta mengetahui bagaimana melengkapi salah satu pemenuhan komitmen permohonan izin usaha melalui OSS yaitu Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Seperti diketahui, bahwa investasi mempunyai peranan sangat strategis bagi upaya peningkatan perekonomian daerah.  Melalui kegiatan investasi akan dihasilkan produk barang dan jasa, tersedianya lapangan kerja, alih teknolosi dan ketrampilan manajemen dan nilai tambah ekonomis bagi daerah sekaligus meningkatkan income percapita masyarakat.

Aktivitas investasi di Kabupaten Sleman dalam kurun 5 (lima) tahun terakhir selalu mengalami peningkatan baik jumah unit usaha, nilai investasi dan penyerapan tenaga kerja. Realisasi investasi PMA/PMDN sampai dengan Tahun 2018 mencapai 7,5 trilyun dari 186 unit usaha dan menyerap tenaga kerja sebanyak 25 ribu.

Seiring dengan upaya pemerintah dalam rangka percepatan peningkatan penanaman modal dan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (OSS), tentunya lebih banyak lagi perusahaan PMA/PMDN di Kabupaten Sleman.

Berdasarkan Peraturan BKPM Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal bahwa setiap pelaku usaha setiap bidang usaha dan/atau lokasi dengan nilai investasi lebih dari 500 juta berkewajiban menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LPKM) yang memuat perkembangan realisasi investasi dan permasalahan yang dihadap pelaku usaha. Pelaporan LKPM secara online dan berkala 3 bulan sekali melalui SPIPISE untuk setiap kegiatan usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha dan pertama kali atas pelaksanaan kegiatan penanaman modal pada periode yang sesuai, setelah tanggal diterbitkannya perizinan berusaha.

Sasaran peserta Forum Komunikasi ini adalah 85 perusahaan PMA/PMDN masih belum melakukan pelaporan LKPM online secara berkala dan perusahaan yang telah mendaftarkan usahanya melalui OSS, sedangkan nara sumber yang dihadirkan adalah :

  1. DPMPPT Kabupaten Sleman tentang Kebijakan Penanaman Modal di Kabupaten Sleman.
  2. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung.
  3. Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Modal BKPM tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Teknis Penyampaian LKPM secara online.

 

 

 

Last modified: April 9, 2019

Comments are closed.